Begini Cara Mudah Mengecek dan Merawat Wiper Mobil

Pada saat membeli mobil bekas seperti mobil Honda bekas, biasanya pembeli hanya fokus pada mesin dan bodi mobilnya saja. Padahal, mengecek kondisi karet wiper mobil juga penting dilakukan karena komponen satu ini berfungsi menyapu air hujan yang menempel di kaca mobil. Dengan mengeceknya, maka visibilitas selama berkendara, terutama di saat musim hujan akan tetap optimal, yang pasti juga berpengaruh pada keselamatan selama di perjalanan.

Mengecek Wiper Mobil

Terdapat 3 cara mudah mengecek kondisi karet wiper pada mobil, di antaranya:

  1. Cek kemampuan wiper untuk menyapu air hujan di kaca mobil.

Jika masih ada bercak air hujan atau kaca tidak langsung bersih dalam sekali sapuan, bisa jadi kondisi karet wiper mobil Anda sudah tidak bagus. Untuk itu, segera lakukan penggantian.

  1. Dengarkan apakah ada suara-suara aneh saat wiper bergerak.

Terutama suara berdecit maupun suara gesekan kasar seolah besi bergesekan dengan kaca. Kalau Anda mendengarnya, mungkin saja suara tersebut muncul karena karet wiper sudah kaku dan keras.

  1. Lihat kondisi fisik karet wiper mobil.

Caranya yaitu dengan mengamati kondisi fisik karet wiper di mobil atau merabanya. Jika karet sudah terlihat pecah-pecah atau terasa kaku dan kasar saat dipegang, segera ganti karet wiper dengan yang baru.

Merawat Wiper Mobil

Supaya wiper mobil tidak rusak, yuk, rutin melakukan perawatan dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Jangan gunakan wiper saat sudah mengering

Pastikan untuk tidak menggunakan wiper mobil jika dalam kondisi kering karena bisa mempercepat aus dan permukaan kaca mobil mudah menjadi baret. Jika berencana membersihkan permukaan kaca pada mobil yang kering, jangan lupa semprotkan air. Dengan menyemprotkan air bisa memberikan kelembapan pada karet wiper sehingga mengatasi aus.

  • Lumasi connecting rod secara rutin

Connecting rod atau poros mobil memiliki peranan menjaga pergerakan wiper ketika dinyalakan. Untuk itu, jangan sampai lupa melumasinya dengan cairan khusus agar wiper mobil berfungsi secara maksimal ketika digunakan.

  • Rajin membersihkan karet wiper

Agar usia karet wiper pada mobil tahan lama, rutinlah selalu membersihkan karet wiper mobil. Selain dapat menghilangkan kotoran yang menumpuk, membersihkan karet wiper juga dapat membantu memberikan kelembapan pada karet wiper, khususnya ketika musim kemarau.

Itu dia cara mudah mengecek dan melakukan perawatan pada wiper mobil. Semoga artikelnya bermanfaat, ya!

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.