Perhatikan Hal-hal Berikut saat Berencana Mengajak si kecil Bepergian

Meskipun kondisi sudah sangat membaik dan terkontrol dengan adanya vaksin, bukan berarti Bunda boleh lengah menjaga si kecil. Sangat disarankan agar Bunda tetap rutin memberikan suplemen daya tahan tubuh anak Sidomuncul untuk memaksimalkan imunitas tubuhnya. Terlebih lagi jika Bunda berencana untuk mengajak si kecil bepergian.

Namun, apakah memberinya suplemen saja sudah cukup menjaga si kecil dari risiko virus maupun ancaman penyakit menular lainnya? Tentu saja belum cukup. Jika Bunda ingin lebih memaksimalkan penjagaan si kecil, ada beberapa hal yang sebaiknya Bunda persiapkan sebelum mengajaknya bepergian, yaitu:

1. Beri Informasi Sederhana Mengenai Risiko Penularan Virus

Bunda bisa memberikan informasi sederhana mengenai virus Covid-19 dan bagaimana cara penularannya ketika sedang bepergian? Jadi si kecil bisa tahu mengenai virus ini sehingga bisa lebih waspada.

Bunda bisa memberikan informasi sederhana dengan gambar agar anak minat untuk mengetahui lebih dalam mengenai virus ini. Dengan cara ini, sebagai orang tua bisa menahan dampak negatif virus secara efisien dan menjaga anak kita tetap aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Biasakan Menggunakan Masker

Bunda bisa mulai membiasakan si kecil untuk menggunakan masker ketika sedang keluar rumah. Jadi ketika sudah mendekati hari H sebelum bepergian, si kecil sudah terbiasa dan tidak merasa terbebani dengan rasa tidak nyaman menggunakan masker seperti engap dan sebagainnya. Berikan juga informasi bahwa menggunakan masker saat keluar rumah merupakah salah satu hal yang harus diperhatikan agar tidak tertular virus Covid-19.

3. Berikan Pengertian Bahaya Sembarang Menyentuh Benda di Luar.

Dengan rasa keingintahuan si kecil yang tinggi, selain bertanya kepada kita sebagai orang tua, pastinya si kecil juga tertarik untuk menyentuh benda-benda yang ada di sekitarnya. Nah, Bunda bisa memberikan pengertian sebelum bepergian bahwa virus Covid-19 ini juga bisa ditularkan melalui benda-benda dan minta si kecil untuk berhati-hati menyentuh barang di luar saat bepergian.

4. Ajarkan si kecil Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan

Sederhana tetapi kenyataannya banyak anak yang mengabaikan hal ini. Misalnya saja langsung makan setelah menyentuh berbagai benda tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Bunda sudah membiasakan si kecil untuk menjaga kebersihan tangan, khususnya sebelum makan. Baik dengan mencuci tangan di air mengalir maupun menggunakan hand sanitizer.

5. Hindari Lokasi Ramai

Kalau bisa, pilihkan lokasi yang tidak ramai untuk dikunjungi oleh si kecil. Salah satu caranya adalah dengan mengunjunginya ketika hari kerja dan bukan di akhir pekan yang kemungkinan orang-orang akan berbondong-bondong datang mengunjungi lokasi tersebut.

Demikian hal yang bisa Bunda ajarkan dan lakukan pada si kecil ketika ingin mengajaknya bepergian keluar rumah. Semoga dapat membantu Bunda dan si kecil terhindar dari penularan virus ini, ya.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.