Pembiayaan Cicilan Mobil Mitsubishi

Tips Merawat Karet Wiper agar Awet dan Berfungsi dengan Maksimal

Meskipun terlihat sepele, namun wiper memiliki peran yang sangat penting untuk keamanan saat berkendara, khususnya di musim hujan. Alat ini berfungsi untuk menyeka air saat hujan agar tidak mengganggu jarak pandang. Oleh karena itu, wiper pada mobil yang baru Anda beli melalui perusahaan pembiayaan cicilan mobil Mitsubishi harus dirawat dengan baik agar berfungsi maksimal.

Tips Merawat Wiper Mobil agar Awet

Wiper yang bermasalah bisa ditandai dengan beberapa hal seperti suara berderit saat digunakan, penghapus tidak bisa menempel di permukaan kaca, tidak mau bergerak karena macet, serta pisau wiper patah atau retak.  Untuk mengantisipasi hal itu, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

  1. Rutin bersihkan karet wiper

Rutin membersihkan karet wiper akan membuat karet lebih awet. Anda bisa mengelap bagian karet wiper dengan kain basah secara lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

  1. Parkir kendaraan di tempat yang teduh

Agar wiper tetap awet, sebaiknya pilih tempat parkir yang teduh. Sinar matahari langsung bukan hanya berpengaruh pada cat mobil tetapi juga bagian wiper. Karet wiper akan menjadi kering, mengeras, dan melar jika terkena sinar matahari dan akhirnya mengurangi elastisitas wiper tersebut.

  1. Hindari penggunaan wiper untuk membersihkan kotoran di kaca

Jika ada kotoran yang menempel di kaca, maka sebaiknya Anda bersihkan dengan lap basah dan hindari menggunakan wiper. Kotoran yang sudah mengering di permukaan kaca akan membuat karet wiper rusak dan bahkan bisa menimbulkan baret pada kaca.

  1. Angkat wiper saat mobil tidak sedang digunakan

Jangan lupa untuk selalu mengangkat atau merenggangkan wiper ketika mobil tidak digunakan. Pasalnya, jika dibiarkan menempel, maka wiper akan lembab dan rentan berjamur. Hal ini akan membuat karet wiper cepat retak dan bisa menimbulkan baret.

  1. Jangan gunakan wiper saat permukaan kaca kering

Penggunaan wiper ketika kaca dalam keadaan kering akan menyebabkan kerusakan pada wiper tersebut. Untuk itu, sebaiknya semprotkan air terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan wiper. Cek juga kontainer wiper secara rutin agar tidak kehabisan air saat berkendara.

  1. Lakukan pengecekan secara berkala

Sebaiknya lakukan pengecekan wiper secara berkala untuk melihat kondisinya. Sebab, tanpa disadari, pisau wiper bisa bengkok atau bahkan patah. Jika sudah patah, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru.

  1. Gunakan lilin untuk melapisi karet wiper

Salah satu tips agar karet wiper tetap elastis dan tidak mudah gatas adalah dengan mengolesi lilin. Selain membantu memperpanjang umur karet wiper, lilin juga akan membuat karet lebih elastis saat menyapu permukaan kaca mobil.

Dengan tips merawat karet wiper yang tepat, kondisi wiper akan lebih awet dan bisa berfungsi secara maksimal, Anda pun akan lebih nyaman saat berkendara di musim hujan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.